Pages

Jumat, 30 Agustus 2013

Visi dan Misi

VISI

Kodam III/Siliwangi didalam mengemban tugasnya senantiasa berpegang teguh kepada norma-norma dasar keprajuritan serperti sapta marga, sumpah prajurit, 8 TNI wajib dan petuah luhur Prabu Siliwangi yang dikenal dengan wangsit Siliwangi serta tidak terlepas dari kebijakan yang dikeluarkan oleh pimpinan Komando atas seperti Visi TNI AD yang dijadikan dasar bagi Visi kodam III/Siliwangi yaitu :

  1. Memiliki sifat yang solid antara prajurit yang satu dengan yang lain didalam berinteraksi kesehariannya, sehingga ada rasa senasib sepenanggungan dalam perjuangan dan adanya rasa persaudaraan sebagai ikatan jiwa yang kuat  
  2. Memiliki profesionalisme didalam melaksanakan tugas sehingga setiap prajurit terampil dan mampu dalam penguasaan baik taktik maupun tehnik militer yang senantiasa berlandaskan kepada jati diri prajurit yaitu, sebagai tentara rakyat tentara pejuang dan tentara nasional.  
  3.  Memiliki ketangguhan dan sifat sinatria yang diaplikasikan dikehidupannya baik dalam melaksanakan tugas aupun dalam bermasyarakat yaitu prajurit siliwangi harus berbudi luhur, adil menghargai sesama membela yang lemah ( gumati ka sileutik) tidak arogan, pantang menyerah dan selalu ikhlas dalam melaksanakan tugas serta senantiasa siap membela negara dan bangsa.  
  4. Memilki wawasan kebangsaan yang luas dengan tidak berorientasi pada sara dan memiliki sikap netral dengan mengedepankan kehormatan prajurit yaitu menjaga kehormatan negara dan bangsa sebagai wujud dari pengabdian dan bhakti yang mulia serta berani mempersembahkan jiwa dan raganya untuk kepentingan negara dan bangsa  
  5. Menjadi suri tauladan didalam masyarakat agar prajurit siliwangi senantiasa dapat dicintai rakyat, sesuai dengan Motto Siliwangi bahwa "prajurit siliwangi adalah rakyat jawa barat, rakyat jawa barat adalah siliwangi".  


   MISI

  1. Memelihara dan memantapkan jiwa korsa satuan, menanamkan nilai-nilai luhur para pendahulu negara kepada Prajurit Siliwangi sesuai petuah luhur Prabu Siliwangi yang dikenal dengan “Wangsit Siliwangi” .  
  2. Memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan intelijen jajaran Kodam III/ Siliwangi melalui peningkatan kemampuan aparat intelijen dalam rangka meningkatkan kemampuan deteksi dan cegah dini terhadap setiap gejolak kerawanan dan ancaman yang mungkin timbul, baik yang bersifat internal maupun eksternal, sehingga tidak berkembang menjadi ancaman nyata dengan menyelenggarakan pendidikan, latihan dan penataran secara bertahap dan berlanjut.
 
  3. Menyiapkan satuan jajaran Kodam III/Siliwangi agar diperoleh kemampuan operasional yang profesional, efektif, efisien dan modern serta memiliki kualitas serta mobilitas yang tinggi untuk menangkal segala bentuk ancaman melalui pembinaan satuan dan pembinaan latihan termasuk melaksanakan latihan pra tugas untuk menghadapi tugas operasi penanggulangan gangguan keamanan (kontijensi) yang bersifat faktual dan memelihara kesiap-siagaan seluruh satuan yang berkemampuan deteksi dan cegah dini dihadapkan kepada prediksi ancaman yang mungkin terjadi dan bersifat pandadakan.  
  4. Memelihara dan meningkatkan kemampuan aparat dan satuan kewilayahan jajaran Kodam III/Siliwangi agar dapat membantu pelaksanaan tugas pembinaan teritorial dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang bagi kepentingan pertahanan wilayah Jawa Barat dan Banten, serta menumbuhkan kepekaan dan daya tanggap terhadap dinamika lingkungan, situasi dan gejolak sosial di wilayah Jawa Barat dan Banten.  
  5. Meningkatkan kemampuan perorangan dan satuan agar dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat dalam upaya mensosialisasikan fungsi dan peran Kodam III/Siliwangi, memotivasi terwujudnya kemandirian masyarakat , memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat dan ikut berperan aktif dalam mencegah terjadinya disintgrasi bangsa, di wilayah Jawa Barat dan Banten.  
  6. Meningkatkan kualitas lembaga pendidikan dan latihan Rindam III/Siliwangi.  
  7. Menyiapkan dan melaksanakan penyelenggaraan wajib militer matra darat bagi warga negara di wilayah Jawa Barat dan Banten sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.  
  8. Menyiapkan personel dan satuan untuk melaksanakan tugas-tugas bantuan kemanusiaan di wilayah Jawa Barat dan Banten.  
  9. Menyiapkan satuan dalam rangka membantu Polda Jawa Barat guna pemulihan dan memelihara stabilitas keamanan dalam negeri di wilayah Jawa Barat dan Banten.  
  10. Memelihara dan meningkatkan hasil pemantapan satuan guna mendukung kesiapan operasional satuan yang siap ditugaskan sesuai perintah Komando Atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar